Menjelajah Bandungan, Wisata Puncaknya Semarang

1 comment

Berenang di Umbul Sidomukti.

Wisata umbul Sidomukti - Minggu 26 Mei 2013 menjadi cerita petualangan saya menembus jalanan kabupaten semarang. sudah lama sebenarnya rencana untuk melihat pesona wisata puncak di bandungan Kabupaten semarang Jawa Tengah. Awalnya rencana travelling ke bandungan muncul ketika liburan lebaran tahun 2012, namun karena keterbatasan waktu saat itu hanya sempat jalan-jalan ke Candi songo . Nah, pada bulan ini karena kebetulan diajak teman teman Karang taruna untuk menjelajah ke Umbul Sidomukti bandungan, maka akhirnya pejalanan terealisasi juga.

Nyaris Batal berangkat
setelah dua hari janjian untuk berangkat pagi jam 07.00 WIB, ternyata ada sedikit kendala yang dialami. Ban motor pecah dan hampir saja batal berangkat, namun setelah cari pinjaman motor di tetangga,bisa juga berangkatnya :D. setelah molor hampir 75 menit, akhirnya berangkat dari Bantul pukul 08.15 WIB berenam dengan teman-teman Karang Taruna. Meskipun belum mengetahui rute dan arah menuju Umbul sidomukti namun kami tetap saja nekad hanya mengandalkan petunjuk arah yang ada di jalan. Secara hitungan kasar Jogja-Semarang dapat ditempuh dalam waktu 3 jam. Dan benar saja, setelah melewati jalan Magelang - temanggung - dan Ambarawa, kami menemukan plakat penunjuk arah menuju Bandungan pukul10.30 WIB

Tanjakan Puncak Ala Bandungan
sesuai perkiraan kami, Umbul Sidomukti terletak di daerah pegunungan dan perbukitan. So pasti, jalan yang dilalui tentu tak akan mudah ditakhlukkan. Setelah lepas dari jalan utam Magelang-semmarang, benar saja yang ada hanya tanjakan dan tanjakan. Jalanan sempit dengan tanjakkan yang cukup tajam memang menjadi santapan sepeda motor matic 125 cc yang saya kendarai. cukup menguras bensin juga, pasalnya tanjakan tanpa jeda meniuntun kami sampai ke puncak. Ternyata jalur menuju Umbul sidomukti searah dengan arah menuju Candi gedong songo yang pernah saya kunjungi sehinga sisa memori yang masih ada di otak membuat kami tidak salah arah. Namun, ternyata setelah sampai di pasar bandungan arah Candi Songo dan Umbul sidomukti berlainan Arah, Nah disitulah menjadi cerita lucu karena sempat tersasar ke kebun warga. Dua kali tersesat akhirnya setelah bertanya tanya di rumah warga, kami menemukan arah yang benar. 

Jalan semakin Sulit
Setelah melewati pasar jimbaran, langsung terdapat jalur menuju Umbul Sidomukti. beuh, medan yang dilalui kali ini sangatlah sulit. jalannan yang hanya berupa Cor Blok menanjak sempit dan bergelombang memaksa sepeda motor matik saya bekerja keras, Apalagi jika berpapasan dengan pengunjung yang sedang turun, akan semakin sulit mengendalikan medan. Tampaknya, saya juga salah kendaraan harusnya memakai motor bergigi yang lebih powerfull di tanjakkan. setelah berkelok kelok dan tetap saja menanjak akhirnya sampai juga di TPR (satu motor ditarik retribusi Rp. 2.000).

Wisata pegunungan,umbul sidomukti,bandungan,wisata semarang,hotel bandungan
Umbul Sidomukti dan Kolam Alam nya


Hamparan Bukit Hijau tersaji Indah
setelah tak sabar memarkirkan motor dan membayar Rp. 6.000 tiket masuk, kami segera mencari spot untuk istirahat sejenak sembari mengucap tapjub akan indahnya pemandangan yang tersaji. Umbul Sidomukti sejatinya merupakan wisata kolam alam, umbul (mata air) terdapat 3 kolam utama yang memiliki air yang sangat jernih dan sebuah mata air yang sangat unik. Umbul atau mata air yang ada, sangat unik karena bisa menyembur seperti air mancur secara alami hingga ketinggian 2 - 3 meter. Di sana pengunjung bisa menikmati kesegaran air dan merasakan sensasi mandi seperti di atas awan, karena di bibir kolam serasa berada di bibir tebing. selain meniknati kesegaran umbul sidomukti, disana saya sangat terpukau akan hijau deretan perbukitan yang terpampang di katulistiwa mata. Udara yang sejuk khas pegunungan juga sangat meredakan pikiran yang kusut. setelah sejenak beristirahat dan berfoto foto di tepi jurang, saatnya memacu adrenalin dengan mencoba wahana Flying fox dan jembatan marina. ada dua rute Flying fox yang dijamin menguras adrenalin. Flying fox tersebut memiliki panjang sekitar 100 meter menyeberangi jurang dan menghubungkan dua puncak bukit. Kalau belum puas bisa dilanjutkan dengan Flying fox kedua yang jauh lebih menantang karena menyebrang dari puncak ke lembah. Rp 28.000 yang terogoh dari kantong pun terasa terbalas dengan tangtangan yang diberikan oleh Flying Fox tersebut.sayangnya cuaca siang itu sekitar jam 13.30 kurang bersahabat karena tiba tiba saja hujan dan kabut turun menyelimuti bukit Umbul Sidomukti. Tak ingin kehujanan maka kami bergegas memutuskan untuk pulang dengan sedikit rasa belum terpuaskan karena masih ada dua wahana yang belumdicoba yaitu ATV dan jembatan marina.

Banyak Penginapan dan Resort yang Terdapat di sekitar Objek Wisata
Seperti halnya kawasan Puncak di Bogor, puncak di bandungan ini juga banyak terdapat villa, Resort , bahkan hotel berbintang. Letaknya sih memang tidak berdekatan dengan lokasi Umbul sidomukti. Namun  sekitar 5 km dari lokasi objek wisata. saat tersesat pertama kali, kami justru sampai pada jajaran reseort, villa yang berderet dari arah pasar bandungan lurus ke atas. Kalau soal harga kamar, kami belum sempat bertanya tanya karena memang tidak ada rencana menginap. Namun setelah barusan saya cek melalui voucherhotel (situs yang bisa ngecek dan booking kamar hotel di mana saja). Ternyata harga sewa kamar relatif cukup murah. Dari voucherhotel ternyata banyak juga hotel dan resort yang masuk dalam list voucherhotel.com yang ada di bandungan. Tapi hotel yang ada hanya bintang tiga, selebihnya resort dan villa. Sebenarnya kalau anda mau mencoba, ternyat bisa lho memesan kamar melalui Voucherhotel yang ada di daerah bandungan. Harga yang ditawarkan mulai dari 300 ribu per malam, kalau lagi beruntung ternyata bisa juga dapat kupon diskon dengan voucherhotel.com tinggal pilah pilih saja hotel atau resort yang cocok. Ah kalau tau begitu, kemarin coba aja menginap di situ, sayang ekali informasi tentang voucherhotel.com ini baru saja saya dapat tadi sore. Tak apa lah lain kali bisa dicoba, pesan kamar via Voucherhotel di kota tujuan traveling selanjutnya.
Itulah sekelumit perjalanan menembus puncak  Bandungan, Tips dan saran : untuk mencari hotel dan penginapan yang murah di sekitar Semarang bisa melalui situs voucherhotel.com sangat cepat dan banyak diskon.

1 comment:

  1. di daerah bandungan juga ada candi gedong songo. di sana kita bisa menjelajah beberapa candi dengan menyewa kuda. lokasinya gak sampe 30 menit dari pasar bandungan.

    ReplyDelete