Obyek wisata Pura Terbesar di Bali: Pura Besakih

1 comment

Bali yang disebut dengan pulau dewata atau juga biasa di sebut dengan pulau seribu pura, mayarakatnya merupakan mayoritas pemeluk agama hindu, dimana di bali terdapat banyak sekali Pura,. dari beberapa Pura ini Pura besakih merupakan Pura terbasar di bali.
pura-besakih-sewa-mobil-di-bali1 pura-besakih-sewa-mobil-di-bali
Pura Besakih atau yang disebut dengan pura penataran adalah pusat kegiatan dari seluruh Pura yang ada di Bali. Pura Besakih adalah sebuah komplek pura yang terletak lereng Gunung Agung yaitu Gunung tertinggi di Bali, tepatnya di Desa Besakih, Kecamatan Rendang Kabupaten Karangasem, Bali. kurang lebih 90 km dan 2 jam perjalanan dari pusat kota denpasar.Pura besakih sendiri terletak diketinggian 1000 m diatas permukaan laut Kalau anda menggunakan jasa Rental mobil di bali atau sewa mobil di bali ataupun ikut Paket tour di bali ke objek wisata ini, perjalanan kurang lebih sekitar 2.5 jam dari bandara ngurah rai.
Pura besakih sebagai pura terbesar di bali merupakan tempat bersemayam dewa tertinggi.  Kata “Besakih” sendiri berasal dari kata “Basuki” yang berarti ‘selamat’ dan lama lama di eja menjadi Basukir dan Basukih, dan akhirinya menjadi Besakih. Nama pura besakih terdapat di dua buah prasasti yang disimpan di Gedong Penyimpenan di Natar Agung, dan satunya di simpan di Merajan Selonding dan sebuah lagi di Pura Gaduh Sakti di desa Selat. Sejarah Pura Besakih sendiri berhubungan erat dengan perjalanan Sri Markandeya (seorang Brahmana Siwa) dari Gunung Raung jawa timur, daerah Basuki, Jawa Timur. Rombongan beliau terpaksa kembali ke Jawa karena banyak diantara mereka yang meninggal terserang penyakit. Setelah mendapat petunjuk di Gunung Raung, beliau kembali ke Bali dan mengadakan penanaman Panca Datu (5 jenis logam yaitu emas, perak, besi, tembaga dan permata) di lereng Gunung Agung yang kemudian dikenal dengan Pura Basukia. dan dari sejarah yang diambil dari buku sejarah pura di bali Pembangun Pura Besakih adalah seorang tokoh agama Hindu dari India yang telah lama menetap di pulau Jawa, nama beliau adalah Rsi Markandeya.
pura-besakih-sewa-mobil-di-bali2 Pura-besakih-rental-mobil-di-bali
Komplek Pura Besakih terdiri dari 1 Pura Pusat yaitu Pura Penataran Agung Besakih dan 18 Pura Pendamping yaitu 1 Pura Basukian dan 17 Pura Lainnya. Semua Umat Hindu terutama yang ada di Bali, mempunyai sebuah pura penyungsungan (tempat persembahyangan) yang disebut Pura Pedarman sesuai dengan wangsa mereka, yang merupakan warisan leluhur secara turun menurun. Pura Penataran Agung adalah Pura yang terbesar di kompleks Pura Besakih, candi-candi atau pelinggihnya lebih banyak, upacaranya juga paling banyak di kawasan Penataran Agung ini. Di Penataran agung ini ada 3 Candi utama dan merupakan intisari dan seluruh bangunan suci (palinggih) yang ada di Pura Agung Besakih. Padmasana-Tiga adalah symbol dari stana tuhan sesuai dengan sifat Tri Murti yaitu Dewa Brahma sebagai Pencipta, Wisnu sebagai Pemelihara  dan Siwa sebagai Pelebur.
jika anda berlibur ke bali, anda harus mengunjungi pura besakih ini, karena merupakan obyek wisata yang sangat indah. Jika anda ingin berkunjung, Kami menyediakan rental mobil di bali atau sewa mobil di bali atau anda juga bisa memilih Paket tour Ke Bali  yang didalamnya terdapat kunjungan wisata ke Pura besakih. Selamat Berlibur.

1 comment:

  1. KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.

    KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.


    KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.


    ReplyDelete